Sabtu, 05 September 2015

Google Luncurkan Proyek Balon Internet



Beberapa waktu yang lalu, Google berencana memberikan akses internet bagi kawasan tertentu yang hampir tidak dijamah oleh koneksi internet. Kawasan yang dituju Google antara lain adalah kawasan Subsahara di Afrika dan Asia Tenggara. Perlu juga diketahui, koneksi internet tidak semua penduduk bumi bisa menikmatinya. Diperkirakan dua per tiga penduduk bumi tidak memiliki koneksi internet sehingga lebih tertinggal dibandingkan mereka yan memiliki koneksi internet.
Untuk itulah Google merilis proyek moonshot mereka yang terbaru yang disebut Project Loon. Project Loon adalah inisiatif Google memberikan koneksi internet kepada daerah atau mereka yang belum memiliki koneksi internet dengan menggunakan balon yang diberikan koneksi internet. Caranya adalah dengan menempatkan balon-balon tersebut di ketinggian 20 kilometer dari permukaan bumi. Balon-balon tersebut yang jumlahnya nanti akan sangat banyak akan saling terkoneksi dan berputar di atas stratosper.
Balon yang saling terkoneksi tersebut nantinya akan memancarkan sinyal setara 3G yang bisa ditangkap dengan antena yang khusus dirancang untuk menangkap sinyal dari balon yang telah diorbitkan.
Pilot proyek ini telah dimulai di New Zealand (Selandia Baru) dengan mengorbitkan 30 balon pertama. Selandia Baru dipilih karena kawasan ini memiliki syarat yang diinginkan Google. Menurut data ada sebanyak 4 juta penduduk Selandia Baru, namun satu juta di antaranya tidak terjamah koneksi internet. Kalaupun ada, harga koneksi internet di Selandia Baru sangat mahal. Menurut Trey Ratcliff yang ikut dalam acara peluncuran balon internet tersebut, harga berlangganan internet via satelit di Selandia Baru sekitar 1.400 dollar sebulan. Tentunya harga ini sangatlah mahal.

Dengan adanya inisiatif Google dengan Project Loon ini penduduk di daerah yang kini jadi pilot project bisa menikmati internet gratis. Tentu saja Selandia Baru cukup dekat dari Indonesia. Kita berharap, semoga Indonesia terjamah proyek Google ini sehingga kawasan yang selama ini tidak ada koneksi internet, bisa memilikinya. Semoga!

Sumber: Loon
Sumber Gambar: tvnz.co.nz

1 komentar:

  1. KISAH NYATA..............
    Ass.Saya BPK. MUHAMAD ISKANDAR Dari Kota Surabaya Ingin Berbagi Cerita
    dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
    saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
    saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
    internet dan menemukan nomor Ki Dimas,saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya dikasi solusi,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Dimas alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
    sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
    Dimas Taat Pribadi di nmr 081340887779 Kiyai Dimas Taat Peribadi,ini nyata demi Allah kalau saya bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

    BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!... PESUGIHAN DANA GAIP KY DIMAS KANJENG

    BalasHapus